Bahaya Mandi Saat Kurang Tidur dan Begadang

Bahaya Mandi Saat Kurang Tidur dan Begadang Yang Harus Anda Ketahui

Ketahui lebih jelas mengenai bahaya mandi saat kurang tidur dan begadang, karena tidak menutup kemungkinan banyak orang yang kerap begadang dengan berbagai alasan.

Selamat datang di salah satu website resmi milik Alfian Herbal yang merupakan Agen resmi pusat penjualan obat herbal secara online yang terbesar dan terpercaya di indonesia yang lebih tepatnya berada di kota tasikmalaya. Kami selaku agen resmi, tidak hanya menghadirkan produk herbal yang berkualitas saja, namun kami juga dapat memberikan kenyamanan kepada anda calon pelanggan kami dengan memberikan sistem pembayaran yang paling istimewa yakni (kirim barang terlebih dahulu, setelah barang sampai baru transfer pembayaran).

Namun, pada kesempatan kali ini pihak Alfian Herbal akan memberikan informasi penting seputar kesehatan yang akan meliputi Bahaya Mandi Saat Kurang Tidur dan Begadang. Nah, berhubung pada situs resmi ini tidak hanya produk herbal atau informasi tentang pengobatan penyakit saja yang dapat kami sampaikan, kutipan sederhana seperti artikel kesehatan ini juga dapat kami sampaikan meskipun singkat namun insyaallah mudah-mudahan bermanfaat untuk kita semua. Simak terus sampai tuntas ulasan berikut!

Bahaya mandi saat kurang tidur dan begadang | Mandi merupakan kegiatan sehari hari yang dilakukan untuk menghindarkan tubuh dari bahaya akan kotoran yang menempel di badan. Mandi sebaiknya dilakukan sebanyak 2 kali dalam sehari terlebih atau saat badan anda kotor. Mandi memang menyehatkan karena bisa membasmi kuman ataupun bakteri  penyebab penyakit. Namun tahukah anda, jika ada jenis mandi yang berbahaya?

Lantas bagaimana maksudnya dengan jenis mandi yang berbahaya ?

Mandi yang berbahaya adalah mandi yang dilakukan setelah anda begadang malam. Dampak dari kurang tidur yang anda lanjutkan dnegan mandi ternyata teramat buruk bagi kesehatan tubuh anda. Mandi saat anda sendiri kurang tidur dapat menyebabkan beragam gangguan kesehatan seperti terkena angin duduk mematikan serta gejala paru- paru basah.

Kenapa mandi berbahaya jika dilakukan saat anda kurang tidur?

Perlu anda ketahui, bahwasannya tubuh manusia dibuat sedemikian rupa bukan hanya digunakan untuk bekerja semata melainkan juga perlu istirahat. Terutama pada malam hari, tubuh sebaiknya diistirahatkan setelah sebelumnya anda menggunakannya beraktivitas selama seharian penuh. Namun tidak menutup kemungkinan pada sebagian orang, istirahat malam dilakukan secara kurang maksimal. Kebiasaan begadang sendiri bisa dilakukan karena banyak alasan seperti insomnia atau mungkin karena banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan.

Baca juga artikel menarik lainnnya | Tips Agar Terhindar Dari Mengantuk Saat Harus Lembur Malam

bahaya-mandi-sehabis-begadangMeskipun ketika begadang anda tidak melakukan apapun, namun organ dalam tubuh tetap melakukan aktivitas. Padahal seharusnya, malam hari adalah waktu bagi tubuh beristirahat. Karena adanya aktivitas pada tubuh tersebut, maka tubuh akan mengalami pemanasan. Bisa anda bayangkan sendiri bukan? apa jadinya jika suhu tubuh yang masih dalam keadaan panas disiram oleh air dingin?

Seperti yang di lansir oleh halosehat.com -,  Saat mandi maka suhu tubuh yang sebelumnya panas tentu akan mengalami lonjakan suhu yang tiba- tiba. Tubuh manusia sendiri tidak dirancang perubahan suhu secara mendadak seperti itu. Perumpamaan ringan dalam kasus ini adalah ketika sebuah gelas anda isi dengan air panas. Selanjutnya  gelas dikosongkan dan secara mendadak diganti isinya menggunakan air es yang dingin. Alhasil gelas tersebut akan retak dan pecah.

Setelah tidak tidur semalaman, ada baiknya anda mengistirahatkan badan terlebih dahulu. Istirahatkan tubuh anda, baru kemudian anda bisa mandi untuk menyegarkan badan. Mandi setelah kurang tidur memang hal buruk dan harus dihindari. Adapun cara mandi  yang sehat yang harus anda lakukan adalah:

Hindari mandi setelah sebelumnya anda begadang atau kurang tidur

Kenali suhu tubuh anda sendiri. Jika tubuh terasa panas akan lebih baik jika anda beristirahat terlebih dahulu. Baru kemudian dilanjutkan dengan mandi.

Biasanya sehabis begadang seseorang memutuskan untuk mandi dengan tujuan menyegarkan tubuh. Namun, tersebar kabar mandi setelah begadang bisa berujung pada kematian, benarkah?

Dikutip dari health.detik.com -, Menurut dr Kasim Rasjidi, SpPD-KKV, DTM&H, MCTM, MHA, SpJP, LMPNLP, ELT, CCH dari RS Asri Jakarta, mandi setelah begadang yang mengakibatkan kematian adalah mitos semata. “Mitos (seperti) itu memang ada, seperti juga kalau makan sayur bayam yang dipanasi ulang atau makan semangka dengan gula dapat berakibat fatal. Secara fisiologis, suhu dingin akan menyebabkan penguncupan pembuluh darah, sebaliknya suhu hangat akan melebarkan pembuluh darah,” terang dr Kasim Rasjidi kepada detikHealth dan ditulis pada Rabu (2/4/2014).

Lebih lanjut dr Kasim menjelaskan ketika kondisi tubuh mengalami kedinginan maka kulit menjadi mengkerut dan pucat, sehingga tubuh akan merasa menggigil dan berupaya menggerakan tubuh yang nantinya akan timbul rasa hangat pada tubuh. Sementara, bila kulit terpapar sinar matahari maka pori-pori akan membesar kemerahan yang bisa memicu produksi keringat untuk membantu mendinginkan tubuh.

Tentu saja kebiasaan tidak tidur berjam-jam atau begadang tak bisa terus-menerus dibiarkan, sebab acap kali dihubung-hubungkan dengan meningkatnya risiko kondisi medis, seperti stroke dan serangan jantung. “Kalau pembuluh darah sudah dalam kondisi penyempitan, baik di otak ataupun di jantung, maka secara nalar mungkin saja terjadi momen di mana paparan mendadak terhadap dingin akan menguncupkan sampai menyumbatnya, tapi tak dapat disalahkaprahkan dan disamaratakan begitu saja” ujar dr Kasim.

Inilah Bahaya Begadang atau Kurang Tidur

Begadang merupakan kebiasaan buruk yang harus segera dirubah. Begadang akan menjadi lebih berbahaya jika anda menjadikannya sebagai suatu kebiasaan. Bukan hanya masalah fisik, namun begadang juga membuat seseorang mengalami mudah merasa depresi. Ada begitu banyak dampak buruk begadang seperti kurang fokus disertai dengan tubuh yang mudah lelah. Beberapa pengaruh dari begadang yang mungkin bisa anda rasakan dalam kehidupan sehari- hari yaitu:

Munculnya mata panda

Mata panda seringkali terlihat pada mereka yang gemar begadang. Mata panda sendiri merupakan salah satu ciri fisik mereka yang gemar begadang di samping mata berkantung, wajah tidak cerah, mata terlihat sayu, pucat dan lain sebagainya. Selain itu, begadang juga membuat kerutan muncul lebih cepat terutama pada area sekitar mata. Dalam hal ini, jelas jika begadang ternyata dapat membuat kecantikan alami anda berkurang. (baca juga: cara menghilangkan mata panda secara tradisional)

Daya tahan tubuh menurun

Daya tubuh menurun merupakan efek samping yang akan anda temui jika membiasakan diri dengan begadang. Bagi anda yang terlalu sering begadang, maka tubuh akan menjadi lebih mudah sakit jika dibandingkan dengan merreka yang tidur cukup. Ada beberapa jenis penyakit ringan yang bisa menyerang anda sewaktu- waktu seperti flu, tidak enak badan, meriang dan lain- lain. Beragam contoh penyakit ringan tersebut, akan lebih mudah menyerang anda di kala sistem imun rendah mengakibatkan penyakit akibat kurang tidur.

Gangguan kesehatan lainnya yang memungkinkan menyerang, adalah jenis penyakit berat layaknya gejala stroke, paru- paru serta gangguan kesehatan pada ginjal. Selain itu, ada pula hipertensi juga obesitas yang semakin tinggi resiko menjangkitnya pada tubuh anda jika sering begadang. Ketika tidur, sel- sel dalam tubuh akan bekerja dengan membuang racun dari tubuh. Jika anda mengurangi waktu istirahat, maka sistem kerja tubuh tidak akan berjalan dengan baik.

Sekian yang dapat kami sampaikan mengenai Bahaya Mandi Saat Kurang Tidur dan Begadang, semoga artikel sederhana yang kami kutip ini bermanfaat untuk anda semua. Terimakasih atas kunjungan dan perhatiannya..

Bagi anda yang penasaran dan ingin memperbanyak pengetahuan tentang macam-macam kesehatan, silahkan anda simpan link berikut ini http://alfianherbal.com/, baik untuk pembelian produk herbal atau bahkan hanya sekedar mencari tahu tentang berita-berita kesehatan yang telah kami kutip. Salam sehat!!!

Alamat Kantor Pusat Kami

klikJl Noenoeng Tisna Saputra Kp Sindanggalih Gg Pos Giro Rt 01 Rw 12 Kec. Tawang Kota Tasikmalaya 46115

Leave a Comment

Your email address will not be published.