Manfaat Yoghurt Untuk Ibu Hamil

Pada dasarnya nutrisi yang dibutuhkan oleh Ibu hamil merupakan nutrisi yang sehat dan seimbang, sama seperti yang dianjurkan untuk semua orang. Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung gizi seimbang dan mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral yang mencukupi.

Manfaat Yoghurt Untuk Ibu Hamil memang sangat baik bagi kesehatan ibu dan janinnya. Kandungan nutrisi didalam yoghurt dapat dikatakan lengkap, mulai dari protein, kalsium, vitamin B, magnesium, seng dan beberapa mikronutrien lain, ternyata seluruh nutrisi yang terdapat pada yoghurt memang dibutuhkan oleh janin yang masih dalam kandungan. Protein akan membuat tumbuh kembang janin menjadi lebih sempurna dan kalsium akan memperkuat tulang janin. Vitamin tentu saja akan diperlukan baik oleh sang ibu maupun janin yang dikandungnya.

yoghurt_

Manfaat Yoghurt Untuk Ibu Hamil

Manfaat yogurt untuk ibu hamil diantaranya :

1. Sumber Kalsium

Yogurt adalah sumber kalsium terbaik. Dalam setiap satu cup yogurt tanpa lemak ditemukan sekitar 256 mg kalsium. Kalsium menjadi salah satu mineral yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil dan janin. Kekurangan kalsium bisa memicu cacat syaraf dan masalah pada kesehatan tulang dan gigi. manfaat kalsium bagi ibu hamil dan janin dari yogurt adalah sebagai berikut:

  • Kalsium menjadi mineral yang penting untuk pertumbuhan tulang pada janin
  • Kalsium juga membantu ibu hamil menyerap nutrisi yang penting untuk tulang sehingga terhindar dari osteoporosis
  • Yogurt mengandung kalsium yang cukup tinggi sehingga membantu ibu hamil agar terhindar dari masalah kesehatan usus.
  • Asupan kalsium dari yogurt juga sangat penting untuk menunjang perkembangan janin.

2. Sumber Probiotik

Banyak ibu hamil yang mengalami berbagai gangguan pencernaan seperti sembelit. Yogurt mengandung probiotik alami yang bermanfaat untuk membantu perkembangan syaraf bayi. Selain itu, probiotik juga membuat pencernaan ibu hamil menjadi lebih sehat. Selain buah buahan untuk ibu hamil, konsumsi yogurt sepanjang kehamilan sangat baik untuk mengatasi gangguan pencernaan

3. Meningkatkan Asupan Protein

Protein dibutuhkan oleh ibu hamil sebagai sumber tenaga dan yogurt mengandung protein yang cukup tinggi. Sepanjang kehamilan banyak ibu hamil yang mengeluh lemah dan tidak bertenaga. Hal ini bisa disebabkan karena ibu hamil membutuhkan banyak nutrisi untuk bayi dan tubuhnya sendiri. Asupan protein yang terdapat dalam yogurt akan membuat ibu hamil menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai jenis penyakit.

4. Mencegah Cacat Tabung Syaraf

Cacat tabung syaraf yang terjadi pada bayi disebabkan karena gizi ibu hamil khususnya asupan folat yang kurang saat masuk ke trimester pertama. Yogurt bisa menjadi salah satu asupan folat yang sangat menyegarkan. Dalam setiap 1 cup yogurt ditemukan sekitar 18 mcg folat. Manfaat yogurt untuk ibu hamil, menghindari kekurangan folat bisa meningkatkan masalah kesehatan syaraf dan motorik yang cukup serius pada bayi.

5. Mencukupi Kebutuhan Vitamin D

Vitamin D dibutuhkan oleh ibu hamil untuk menyerap kalsium yang penting untuk mendukung kesehatan ibu hamil dan pertumbuhan tulang pada bayi. Kekurangan vitamin D bisa menyebabkan masalah penyakit tulang dan jaringan yang sangat serius pada bayi. Dalam setiap 1 cup yogurt ditemukan sekitar 5 IU vitamin D. konsumsi yogurt setiap hari bisa membuat kesehatan ibu hamil dan janin menjadi lebih baik.

6. Memenuhi Kebutuhan Omega-3

Omega-3 adalah salah satu jenis lemak esensial yang diperlukan oleh tubuh, namun tubuh tidak memiliki kemampuan untuk memproduksinya sendiri. Omega-3 mendukung pertumbuhan dan pembentukan jaringan pada janin terutama untuk bagian otak, sistem syaraf, mata dan melindungi janin dari resiko penyakit jantung.

7. Menjaga Kesehatan Usus Ibu Hamil

Banyak ibu hamil yang mengeluh tentang masalah kesehatan usus sepanjang kehamilan. Mengkonsumsi yogurt secara aktif dapat meningkatkan kesehatan usus sehingga menunjang penyerapan nutrisi dari makanan dan minuman. Manfaat yogurt untuk ibu hamil akan mencegah dari berbagai masalah seperti sembelit dan gangguan usus. Yogurt mengandung zat asam dari bakteri baik yang bisa mencapai usus dalam waktu yang cepat.

8. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Masalah kesehatan adalah hal yang sangat penting untuk ibu hamil. Tapi selama kehamilan mulai dari trimester pertama hingga ketiga maka ibu hamil biasanya menghadapi berbagai kondisi kesehatan yang berbeda. Masalah kesehatan badan menjadi hambatan yang cukup serius ketika ibu hamil tidak bisa melakukan aktivitas seperti hari biasa. Yogurt mengandung nutrisi dan sumber mineral, yang merupakan cara menjaga kehamilan agar tetap sehat. Selain itu yogurt sangat baik untuk memelihara kesehatan jantung dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

9. Mengurangi Resiko Infeksi

Masalah infeksi sangat rentan untuk ibu hamil. Infeksi dari berbagai jenis bakteri dan kuman bisa membuat ibu hamil memiliki kondisi tubuh yang lemah. Selain itu bakteri dan kuman juga bisa membuat janin dalam bahaya. Untuk menghindari semua masalah ini maka konsumsi yogurt bisa mengurangi resiko dari infeksi kuman dan bakteri.

Baca juga : Cara Meningkatkan Kesuburan Wanita Supaya Cepat Hamil

10. Mengurangi Resiko Infeksi Paru pada Janin

Dalam sebuah pengujian yang dilakukan oleh Jurnal khusus dalam bidang Nutrisi di Inggris, membuktikan bahwa konsumsi yogurt secara aktif bagi ibu hamil mengurangi resiko infeksi pneumonia pada janin. Manfaat yogurt untuk ibu hamil dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu, sehingga janin juga bisa memiliki kepekaan untuk melawan infeksi. Yogurt meningkatkan sistem imunitas pada ibu hamil dan janin.

11. Menjaga Keseimbangan Elektrolit

Yogurt menjadi salah satu sumber kalium yang sangat baik untuk ibu hamil dan janin. Setiap 1 cup yogurt mengandung sekitar 398 mg kalium. Kandungan ini setara dengan jumlah kalium dalam pisang berukuran sedang. Kalium sangat baik untuk ibu hamil dan janin karena berperan menjaga keseimbangan elektrolit. Selain itu kalium juga penting untuk menjaga denyut jantung dan kesehatan jantung.

Selain 11 Manfaat tersebut di atas, yogurt juga penting untuk ibu hamil seperti :

  1. Melancarkan BAB
  2. Mencegah sembelit
  3. Mencegah kanker usus
  4. Meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil
  5. Menjadi sumber nutrisi sehat
  6. Sumber energi
  7. Menjaga kebutuhan gizi janin.

Tips Memilih Yogurt yang Aman untuk Ibu Hamil

Yogurt bisa disajikan dengan buah atau dimakan langsung. Beberapa ibu hamil selalu merasa khawatir karena yogurt menggunakan bakteri yang telah mengalami proses fermentasi. Namun ibu hamil tetap bisa mengkonsumsi yogurt sepanjang kehamilan. Dengan syarat bahwa yogurt itu memiliki kualitas yang baik dan telah diproses dengan higienis.

Berikut ini adalah beberapa criteria untuk memilih yogurt bagi ibu hamil.

  • Pastikan bahwa ibu hamil memilih jenis yogurt yang telah dipasteurisasi – Proses pasteurisasi dilakukan oleh produsen yogurt yang menggunakan standar tinggi dalam proses pengolahan yogurt. Label pasteurisasi biasanya dicantumkan dalam kemasan.
  • Hindari mengkonsumsi yogurt yang produk rumahan – Karena dikhawatirkan proses yang tidak higienis sehingga yogurt mungkin tercemar oleh bakteri atau kuman.
  • Konsumsi jenis yogurt yang terbuat dari susu rendah lemak – Meskipun ibu hamil membutuhkan lemak namun disarankan bukan dari produk susu. Jika ibu hamil sangat menyukai yogurt maka bisa mengkonsumsi yogurt rendah lemak agar lebih aman untuk kesehatan jantung dan tidak menambah berat badan.
  • Selalu perhatikan label yang tercantum dalam kemasan yogurt – Hindari yogurt yang menggunakan bahan tambahan seperti pemanis atau perasa tambahan.
  • Perhatikan tanggal kadaluarsa yogurt pada kemasan – Konsumsi produk fermentasi yang sudah kadaluarsa sangat berbahaya untuk nyawa ibu hamil dan janin.

Demikianlah artikel mengenai Manfaat Yoghurt Untuk Ibu Hamil. Semoga bermanfaat bagi kita semua khususnya yang telah bersedia meluangkan waktu untuk membacanya. Terus kunjungi situs ini alfianherbal.com dan kami akan memberikan informasi seputar kesehatan secara berkala.

Leave a Comment

Your email address will not be published.