Mengenal Gangguan Psikosomatis, Pikiran Menyebabkan Penyakit Fisik

Mengenal Gangguan Psikosomatis, Pikiran Menyebabkan Penyakit Fisik

Penting untuk anda mengenal gangguan psikosomatis, pikiran menyebabkan penyakit fisik bisa terjadi disebabkan oleh faktor mental dimana seseorang merasa cemas dan stres.

Selamat datang di salah satu website resmi milik Alfian Herbal yang merupakan Agen Resmi pusat penjualan obat herbal secara online yang terbesar dan terpercaya di indonesia yang lebih tepatnya berada di kota tasikmalaya. Alamat Kantor Pusat Kami : Jl Noenoeng Tisna Saputra Kp Sindanggalih Gg Pos Giro Rt 01 Rw 12 Kec. Tawang Kota Tasikmalaya 46115

Kami selaku agen resmi, tidak hanya menghadirkan produk herbal yang berkualitas saja, namun kami juga dapat memberikan kenyamanan kepada anda calon pelanggan kami dengan memberikan sistem pembayaran yang paling istimewa yakni (kirim barang terlebih dahulu, setelah barang sampai baru transfer pembayaran).

Pada kesempatan kali ini pihak Alfian Herbal akan memberikan informasi penting seputar kesehatan yang akan meliputi Mengenal Gangguan Psikosomatis, Pikiran Menyebabkan Penyakit Fisik. Nah, berhubung pada situs resmi ini tidak hanya produk herbal atau informasi tentang pengobatan penyakit saja yang dapat kami sampaikan, kutipan sederhana seperti artikel kesehatan ini juga dapat kami sampaikan meskipun singkat namun insyaallah mudah-mudahan bermanfaat untuk kita semua. Simak terus sampai tuntas ulasan berikut!

Mengenal gangguan psikosomatis , pikiran menyebabkan penyakit fisik || Hati-hati, stres bisa menimbulkan gangguan psikosomatis. Penyakit pun bisa  bermunculan atau bahkan memperparah gejala atau tanda-tanda penyakit fisik lainnya. Psikosomatis berasal dari dua suku kata yakni psyche yaitu pikiran dan soma yaitu tubuh. Lantas, apa itu psikosomatis?

gangguan-psikosomatisDikutip dari hariasehat.com -, Psikosomatis adalah jenis gangguan penyakit yang disebabkan oleh pikiran, yang menganggap penyakit tertentu diderita namun sebenarnya hanya disebabkan oleh pikiran saja. Jika dibiarkan gangguan psikosomatis ini bisa saja membuat seseorang mengalami penyakit fisik yang sebenarnya, hal ini bisa terjadi disebabkan oleh faktor mental dimana seseorang merasa cemas dan stres.

Maka dari itu, apabila ada orang yang mengalami sakit pada bagian tertentu secara berulang dan sudah dilakukan pemeriksaan secara fisik dan tidak ditemukan adanya indikasi maka kemungkinan besar orang tersebut mengalami gangguan psikosomatis.

World Health Organization mengklasifikasikan sindroma ini sebagai gangguan neurotik yaitu gangguan yang masih berkaitan dengan stres dan gangguan somatoform.

Benarkah pikiran bisa mempengaruhi penyakit?

Pikiran merupakan organ vital yang bisa mengendalikan seluruh tubuh, dan bisa mengontrol seluruh tubuh dengan gejala fisik. Misalnya ketika seseorang merasakan cemas maka denyut jantung berdebar lebih kencang dari biasanya, keluar keringat, sakit kepala, napas menjadi cepat, dan memunculkan gejala fisik lainnya. Gejala fisik tersebut diakibatkan oleh adanya aktivitas impuls saraf yang mengalami peningkatan dari otak ke berbagai bagian tubuh.

Sampai sekarang, cara kerja pikiran yang menyebabkan gejala-gejala tertentu dan mempengaruhi fisik belum diketahui secara jelas, namun hal ini terkait dengan mind and body connection.

Sekarang ini banyak orang yang datang ke dokter, dan mereka percaya mengalami keluhan fisik tertentu dan ternyata pasien tersebut mengalami gangguan somatisasi. Biasanya tanda-tanda dari psikosomatis yang sering dikeluhkan adalah keluhan lambung, kulit gatal, jantung berdebar, nyeri otot, mual, kesemutan, muntah, dan sesak napas.

Pengobatan psikosomatis bisa diketahui dengan integrasi dari berbagai ilmu seperti, psikologi, neurologi, psikiatri dan bidang yang masih berkaitan dengan keluhan yang diderita oleh seseorang. Maka dari itu, untuk mengetahui penyebab sebenarnya gangguan psikosomatis ini, harus dilakuakan pemeriksaan, apakah dari faktor depresi, penyakit yang menyebabkan seseorang menjadi depresi atau bisa juga karena ketakutan mengidap penyakit tertentu.

Dan apabila setelah diperiksa secara medis, tidak ditemukan adanya gangguan dalam hal ini berarti normal maka tubuh tidak mengalami masalah, bisa saja hanya disebabkan oleh pikiran atau psikosomatis.

Gangguan Psikosomatis dapat diatasi dengan:

♦Menjelaskan pada klien bahwa stres dapat membuat gejala menjadi buruk. Oleh karena itu, bantu klien meredakan stres agar dapat meningkatkan kesehatan mereka.
♦Membangun ikatan kepercayaan dengan pasien.
♦Fokus pada aspek kognitif dan emosional pasien. Membantu klien meredakan pikiran yang berlebihan, perasaan dan perilaku yang berkaitan dengan gejala penyakit yang dialami, dan meminta mereka untuk melacak hal apa yang memperburuk gejala yang dialami.
♦Meditasi
♦Obat antidepresan.

Itulah kirannya yang dapat kami sampaikan mengenai Mengenal Gangguan Psikosomatis, Pikiran Menyebabkan Penyakit Fisik. Terimakasih atas kunjungan dan perhatiannya, semoga artikel sederhana yang kami kutip ini bermanfaat untuk anda semua.

Bagi anda yang penasaran dan ingin memperbanyak pengetahuan tentang macam-macam kesehatan, jangan lupa untuk terus mengunjungi situs http://alfianherbal.com/ untuk mengetahui artikel kesehatan lainnya , karena kami akan terus update setiap harinya. Alamat web diatas sekedar memberitakan seputar produk herbal yang berkualitas dan berbagai macam kutipan kesehatan, jadi simpan baik-baik link tersebut jika suatu saat anda membutuhkan baik untuk pembelian produk herbal atau bahkan hanya sekedar mencari tahu tentang berita-berita kesehatan yang telah kami kutip. Salam sehat!!!

Baca juga artikel menarik lainnya |  Bahaya Mandi Saat Kurang Tidur dan Begadang

Mengenal Gangguan Psikosomatis, Pikiran Menyebabkan Penyakit Fisik

Leave a Comment

Your email address will not be published.